Tuesday, February 25, 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » » Apa itu Domain dan Hosting

Apa itu Domain dan Hosting

Apa itu Domain dan Hosting ?

Pada saat mendengar kata domain dan hosting saya sendiri masih asing dengan kata-kata tersebut, karena memang dua kata ini tidak begitu populer untuk orang awam, cerita akan berbeda kalau hal ini ditanyakan oleh maniak komputer atau internet, pasti mereka langsung mengerti maksud dari kata tersebut. Melihat ada lomba yang diadakan oleh salah satu Hosting Indonesia yaitu Jagoan Hosting tentang arti dari domain dan hosting, saya pun langsung mencari di salah satu mesin pencari apa arti dari domain dan hosting, ternyata apa yang dimaksud dengan kata tersebut sangatlah familiar untuk kita sebagai orang awam.
Apa itu hosting dan domain? bagi anda yang ingin membuat sebuah website dan ingin agar website anda online maka anda harus mengerti mengenai hosting dan domain. Sekarang, saya akan coba menjelaskan kepada anda semampu saya tentang apa itu domain dan hosting.

1. Domain








Domain adalah nama/alamat untuk website pembaca buat dan hanya dimiliki oleh pembaca sendiri, dan untuk mengidentifikasi satu, dua atau lebih nomor IP. Penulis akan mengambil contoh www.blogspot.com yang mengidentifikasikan nomor IP dari blogger 263.765.298.98. Ini dimaksudkan kita lebih mengingat nama domain sehingga untuk mengakses domain tersebut bisa lebih cepat, kita akan merasa kesulitan jika kita harus menghapal semua angka yang tidak berurutan dan berpola tersebut. Nama domain biasanya diakhiri dengan .com yang berarti commercial, ada juga .net (network), .tv (television), .org (organisation), .ac (academic) dan lain-lain. Jadi setiap orang dapat melihat isi website penulis yang biasanya berformat html hanya dengan menulis domain penulis yaitu www.blogspot.com pada browser pembaca. Domain yang penulis punya adalah domain yang tidak berbayar alias gratis. Pembaca dapat memiliki domain yang berbayar yang pastinya kualitasnya lebih baik daripada yang tidak berbayar. Nama domain dapat pembaca tentukan sendiri sehingga lebih baik untuk membuat nama domain yang mudah diingat, tidak terlalu panjang, dan menggunakan kata-kata yang mudah pula. Domain yang berbayar biasanya dibayar setiap satu tahun sekali, apabila pembaca tidak memperpanjang selama tenggang waktu yang diberikan maka domain yang telah dimiliki oleh pembaca dapat diberikan kepada orang lain. Sebab apabila anda telat 1 hari saja memperpanjangnya, saya berani jamin anda akan kesulitan untuk memperoleh domain anda tersebut. Nama domain www.blogspot.com merupakan contoh nama domain yang buruk, karena selain panjang nama domain tersebut sulit diingat. Kebanyakan nama domain yang ada saat ini telah dimiliki orang, jadi anda benar-benar harus memilih nama domain yang unik. Tetapi dalam memilih nama domain anda harus memperhatikan bahwa nama domain anda kalau bisa sesingkat mungkin untuk mengecilkan kemungkinan seseorang salah mengetik domain anda (jangan seperti www.blogspot.com yang nama domainnya sangat panjang dan sulit diingat). Jangan lupa domain anda sebaiknya memiliki arti dan gampang diingat, jangan sekali-kalai membeli domain dengan penggabungan angka dan huruf karena akan susah diingat. Domain dengan nama p9ik83k.com akan susah diingat. Pilihlah juga domain yang mudah diucapkan, jadi apabila ada ibu-ibu yang sedang bergosip tentang website anda mereka dapat mengucapkan domain anda dengan benar.

2.Hosting











Hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen HTML anda. Sekarang apabila seseorang mengklik domain anda kemudian bagaimana caranya agar dokumen HTML yang ada pada komputer anda bisa ditampilkan? Dokumen-dokumen HTML pada komputer anda harus disimpan ditempat lain, jangan di komputer anda. Anda harus menyewa tempat diperusahaan Hosting untuk menyimpan dokumen anda. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi anda membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk menyimpan file HTML anda. Pembayaran hosting biasanya bulanan.
Hosting ada bermacam-macam, ada hosting murah ada juga hosting mahal. Yang paling banyak digunakan adalah virtual (shared) hosting. Dimana di dalam satu server terdapat banyak hosting dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah. Salah satu Hosting Indonesia yang murah Anda bisa mengunjungi www.jagoanhosting.com. Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya. Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak di perusahaan hosting dan mereka yang merawatnya. Ada banyak sekali perusahaan yang menjual hosting dan domain. Untuk Indonesia berdasarkan jumlah pengguna paling banyak dipegang oleh masterwebnet, urutan kedua dipegang oleh idwebhost yang terkenal karena harganya yang murah dan urutan ketiga dipegang oleh Singcat yang merupakan perusahaan penjual hosting pertama di Indonesia.
Untuk memilih sebuah jasa web hosting sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pertama, Anda harus dapat mengetahui apa kebutuhan Anda. Pilihlah space web hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan perhatikan harganya. Kedua, jika target pengunjung web Anda nantinya sebagian besar berada di Indonesia maka pilihlah web hosting dengan server di Indonesia dan sebaliknya.
Terserah anda ingin memilih yang mana, tetapi ingat perhatikan kebutuhan anda.





Artikel ini diikutsertakan dalam lomba artikel yang diselenggarakan oleh Jagoan Hosting Indonesia dalam rangka memeriahkan pameran internet tanggal 12 - 16 Januari 2011 dan ulang tahun ke-4 Jagoan Hosting Indonesia. Didukung oleh Fujitsu dan Tabloid Komputek

No comments:

Post a Comment